Minggu, 02 Desember 2007

Pengenalan Multimedia

Multimedia adalah suatu informasi yang disajikan oleh komputer dalam bentuk yang sangat beragam seperti suara, video, animasi dan juga dalam bentuk tradisional yaitu teks, gambar grafik dan citra. Atau multimedia juga berarti suatu bidang yang berkaitan dengan penyatuan dengan kendali komputer informasi-informasi dalam beragam format : teks, grafik, gambar, citra, video, animasi, audio atau media lain. Hypermedia adalah suatu istilah yang digunakan pertama kali untuk mewakili suatu konsep penyajian secara non linier informasi dalam berbagai format dan saling terhubung. Format - format informasi tersebut seperti gambar, teks, citra, video dan audio.


Hypermedia menggunakan konsep hypertext yaitu teks yang berisi link ke teks lainnya. Dengan cara ini teks-teks tidak tersusun secara linier seperti buku, tapi non-linier.


Sistem multimedia adalah sistem yang mampu memproses data dan aplikasi multimedia. Dalam memproses data aplikasi multimedia, sistem dikendalikan dengan komputer secara terintegrasi dan dengan antarmuka yang interaktif informasi disajikan secara digital. Untuk dapat menghasilkan informasi digital yang interaktif dalam berbagai format.

Beberapa hal dalam sistem multimedia yang harus diperhatikan yaitu:
• Urutan penyajian frame yang benar
• Sinkronisasi antara video dan audio
• Data harus dalam bentuk digital, sehingga mungkin memerlukan digitalisasi data
• Bagaimana menyajikan data dengan berbagai format dan menyimpan informasi yang bersifat sementar a
• Ukuran data yang besar memerlukan tempat penyimpanan, bandwidth yang cukup untuk mengirim, waktu proses yang tidak sedikit. Kompresi data berperan besar dalam hal ukuran data multimedia.

Beberapa hal tersebut menyebabkan sistem multimedia harus juga didukungan fasilitas atau infrstruktur sebagai kebutuhan utama. Kebutuhan infrastruktur yang diperlukan adalah:
• Hardware dengan kapasitas memory besar dan kecepatan processor besar untuk
pemrosesan
• Hardware /Software khusus untuk real-time atau streaming
Contoh : Video Camera, Video Recorder, Audio Microphone, Keyboards, mice, graphics tablets, 3D input devices, tactile sensors, VR devices.
• Format mudah untuk kompresi/dekompresi
• Input/Output yang efisien dan cepat
• Sistem Operasi khusus dukung transfer langsung ke disk, proses interupsi yang
cepat, dan streaming I/O
• Network Support yang memadai untuk transfer data multimedia yang umumnya
berukuran besar
• Software Tool untuk tangani media, desain dan pembangunan

Multimedia Database
Multimedia database adalah suatu sistem database yang mampu mengoperasikan data seperti menyimpan, mengolah dan menghasilkan informasi yang disajikan dalam berbagai format seperti teks, audio, video, grafik atau gambar dan citra. Perbedaan dengan database system tradisional terletak pada kemampuan menyimpan informasi dalam berbagai format dan menyajikannya dalam berbagai format juga. Masalah yang sering terjadi dalam multimedia database adalah kemampuan mendapatkan kembali informasi dan indexing.
Salah satu contoh dari pemanfaatan multimedia database adalah database yang digunakan oleh polisi dengan gambar arsitektur sederhana


Pada aplikasi di atas, kamera digunakan untuk merekam dan menghasilkan koleksi video dalam bentuk file. Data suara juga direkam dan dikoleksi melalui rekaman telpon. Data foto atau citra dan data spasial dari database informasi geografis melengkapi koleksi data kepolisian. Kemudian data-data ini dapat dimanipulasi sedemikian rupa dengan query untuk menghasilkan informasi dalam berbagai format.

Tidak ada komentar: