Minggu, 02 Desember 2007

Pemanfaatan Database untuk Memahami Selera Konsumen

Pemanfaatan Database untuk Memahami Selera Konsumen

DDB adalah suatu periklanan di New York dengan 206 kantor di 96 negara. Iklan yang sukses adalah iklan yang paham betul konsumen produk: kepentingan, keinginan dan motif. DDB melakukan banyak survey pasar untuk mencari informasi, dan data apapun yang berkaitan dan mungkin berkaitan. DDB memanfaatkan kumpulan data dan informasi yang tersusun dalam sistem manajemen basis data atau database management system ( DBMS ) yang menyimpan data dengan jumlah sangat besar.

Database atau Basis data
Data adalah fakta-fakta yang belum diproses ( mentah ) atau apa adanya. Contohnya nama karyawan, usia, jumlah jam kerja, alamat, dan gaji. Dalam suatu sistem informasi, data disusun dalam suatu database
Dalam suatu file, maka setiap entiti disimpan sebagai 1 record, sedangkan setiap atribut diwakili oleh satu field. Nilai dari atribut disebut item data, kemudian diolah dan menghasilkan informasi.

Aplikasi Database
Database saat ini diakses, dikelola dan dimanipulasi untuk menghasilkan informasi yang berguna. Proses manipulasi yang biasanya terjadi adalah pencarian, penyaringan, sintesis, dan penggabungan data dengan menggunakan aplikasi database. Dengan aplikasi ini pengelola, operator dan pengguna dapat:
1. terhubung ke database perusahaan melalui Internet.
2. set gudang data (data warehouse) dan data mart
3. menggunakan database untuk diolah dengan aplikasi business intelligence untuk meningkatkan produktifitas baik berupa produk maupun pengetahuan.
Dengan terhubung ke database perusahaan melalui Internet maka informasi yang dihasilkan dari pengolahan database dapat ditampilkan dimanapun juga.

Acuan:
Wikipedia. http://en.wikipedia.org/
Stair, Raplh, Reynolds, George. Fundamentals of Information System. 3rd Edition.
Thomson Course Technology. 2006.

Tidak ada komentar: