Minggu, 02 Desember 2007

Konsep Sistem Informasi

Konsep Sistem Informasi

Pada jaman yang serba modern ini dapat dipastikan bahwa semua jenis organisasi di manapun sangat membutuhkan aliran informasi yang dipergunakan membantu kerja manajer perusahaan untuk mengambil suatu atau pun banyak keputusan yang dibutuhkan oleh perusahaan tersebut. Sistem informasilah yang bertugas untuk mengatur dan mengarahkan aliran informasi dalam peusahaan tersebut.
Ada 6 bagian Sistem informasi berbasis computer, diantaranya adalah : hardware ( perangkat keras ), software ( perangkat lunak ), data atau informasi, prosedur, komunikasi dan SDM. Prosedur adalah urutan langkah yang dilakukan untuk menyelesaikan satu atau lebih aktifitas pengolahan informasi.
Boehringer Ingelhiem adalah satu dari 20 perusahaan farmasi terbesar di dunia. Dengan pendapatan US$7.6 juta dan 32.000 pegawai di 60 negara, perusahaan ini memiliki beberapa manufaktur dan pemasaran obat, produk industri dan produk kesehatan hewan. Dengan jangkauan yang sangat besar manajemen akan merasakan kesulitan dalam mengambil keputusan. Makin besar perusahaan, makin lambat aliran informasi. Boehringer menyediakan sistem informasi bergerak untuk 1/3 pekerjanya yang bekerja di luar kantor. Sehingga informasi penjualan dapat diakses dan diperbarui oleh siapapun,kapanpun, dan dimanapun.

Berikut ini adalah tugas utama yang harus dilakukan oleh manajemen :
1. Perencanaan kegiatan manajer untuk menentukan tujuan dan membangun rencana jangka panjang dan pendek untuk mencapai tujuan-tujuan tersebut.
2. Pengelolaan struktur organisasi, standar dan prosedur kerja, rancangan kebijakan untuk melakukan aktifitas bisnis.
3. Penyediaan staff adalah tanggung jawab untuk identifikasi kebutuhan staff, rekrutmen, pelatihan dan penempatan.
4. Pengawasan mengarah ke pendampingan, bimbingan dan pengawasan terhadap
pekerja atau staff. Ini untuk membuat mereka selalu termotivasi, produktif dan
menghasilkan produk yang sesuai dengan kualitas yang ditentukan.
5. Pengendalian adalah tanggung jawab untuk memonitor kinerja organisasi dan ekonomi perusahaan serta lingkungan perusahaan sehingga langkah yang diambil meningkatkan kinerja dan keuntungan perusahaan.





Transaction ransaction Processing System ( TPS )
TPS adalah bisnis proses pertama yang dikomputerisasi dan tanpa IS, pencatatan dan pengolahan transaksi bisnis akan menghabiskan banyak waktu.
Contoh dari kegiatan TPS :
transaksi penjualan, transaksi peminjaman VCD, transaksi peminjaman dan pengembalian buku di perpustakaan. Pendaftaran anggota baru, pendaftaran mahasiswa baru, dan pembayaran registrasi. Laporan yang dihasilkan oleh TPS misalnya denda pengembalian buku harian. Daftar matakuliah semester gasal, dan KRS mahasiswa persemester.

Management Information System
MIS berperan untuk menyediakan informasi yang tepat kepada orang yang tepat pada waktu yang tepat dalam organisasi. Bentuk dari informasi pada umumnya berupa laporan untuk mendukung pengambilan keputusan.
Contoh laporan adalah laporan penggajian karyawan, laporan harian produksi produk baru, laporan
bulanan kredit pelanggan, laporan pendapatan bulanan, laporan waktu kerja karyawan, laporan transaksi sirkulasi perpustakaan, laporan pengeluaran bulanan

Decision Support System ( DSS )
DSS adalah sekumpulan orang, prosedur, software, database dan peralatan yang digunakan utnuk mendukung pengambilan keputusan dan pemecahan masalah dan berfokus dalam efektifitas pengambilan keputusansaat menghadapi permasalahan.
Contoh DSS : missal dalamk perpustakaan. Ketika pengelola ingin mengetahui jenis buku apa yang perlu dikoleksi berdasarkan kebutuhan pengguna. Maka DSS akan memberikan laopran buku dan judul-judul buku yang paling sering digunakan oleh pengguna. Jumlah buku terkait di perpustakaan juga menjadi salah satu pertimbangan DSS dalam memberikan hasil.
DSS dalam prosesnya membutuhkan komponen seperti database dan model base. Database adalah kumpulan tabel yang saling berelasi.

Sumber Pustaka:
Hutchinson, Sarah E, Sawyer, Stacey C.Computers and Information Systems. Irwin. 1996.
Murray, Thomas J.Computer Based Information Systems. Richard D. Irwin. INC 1985.
Stair, Raplh, Reynolds, George.Fundamentals of Information Systems. 3rd Edition. Thomson
Course Technology. 2006.

Tidak ada komentar: