Minggu, 02 Desember 2007

Enterprise Systems: SCM – ERP -CRM

Enterprise Systems:
SCM – ERP -CRM

Enterprise Systems
Enterprise resource planning (ERP)‏
Customer relationship management (CRM)‏
Supply Chain Management (SCM)
Definisi
Supply chain/rantai pemasokan: aliran bahan, informasi, uang dan layanan dari penyedia bahan mentah melalui pabrik dan gudang sampai
Supply chain management (SCM): perencanaan, pengelolaan dan koordinasi dari semua aktifitas rantai pemasokan.

Aliran Supply Chain
Aliran bahan mentah/material: produk fisik, bahan mentah,atau pasokan. Produk daur ulang, produk retur, barang terbuang.
Aliran data : pengiriman, pemesanan, retur, dan penjadwalan.
Aliran Finansial : transfer uang, pembayaran, informasi credit card information dan jadwal pembayaran

Komponen Supply Chain
Upstream: sumber bahan dari pemasok
Internal: pabrik, pemaketan (packaging), perakitan
Downstream: distribusi
Pergerakan dari produk / layanan, organisasi dan orang-orang yang terkait


Contoh
upstream: susu sapi, kayu, pabrik kertas, pabrik karton susu, label, pabrik kimia, pabrik container plastik
Internal: susu+ tambahannya diproses, packaging susu +label+ kotak karton/container plastik
Downstream: supermarket, toko

Masalah Supply Chain
Permintaan pasar yang tidak pasti
Koordinasi beberapa aktifitas internal dan dengan rekanan bisnis
Solusi
Gudang : menyimpan stok untuk penuhi permintaan
Information sharing: menggunakan Electronic Data Interchange (EDI), extranets, dan groupware.
Vendor-managed inventory (VMI): supplier mengawasi langsung stok di toko-toko retail dan memasok saat diperlukan.

Solusi (lanjutan)
Hub: akses bahan mentah/material secara langsung oleh konsumen secara online dan dikirim ke manufacture/perakit untuk menghasilkan produk
Kolaborasi Supply chain: koordinasi antara pemasok dan pembeli untuk memenuhi tujuan bersama

Enterprise Resource Planning
bagaimana mengendalikan proses bisnis dalam real time dengan menggunakan satu arsitektur software?
Contoh:
akses langsung ke gudang/persediaan, data produk, catatan pembayaran kredit pelanggan, dan informasi order sebelumnya

Enterprise Resource Planning
Konsep penyatuan perencanaan, pengelolaan dan penggunaan semua sesumber dalam perusahaan
Konsep ini bermula dari:
Material requirement planning (MRP): suatu model perencanaan yang menyatukan: produksi, pembelian dan persediaan.
Manufacturing resource planning (MRP II): pengembangan MRP dengan menambahkan perencanaan finansial dan kebutuhan pengerjaan.

Internal dan external integration
Internal integration: penyatuan dalam perusahaan, antara aplikasi dengan database.
External integration: penyatuan aplikasi dan database antar partner bisnis.

Generasi ERP
Generasi I ERP konsentrasi pada aktifitas dalam perusahaan yang rutin dan dilakukan terus-menerus.
Generasi II ERP meningkatkan sistem informasi untuk meningkatkan efisiensi dalam penanganan transaksi, meningkatkan pengambilan keputusan, dan mengubah cara berbisnis menjadi e-business.

Software ERP
Vendor yang mengembangkan software ERP:
l SAP
l ORACLE
l PeopleSoft
l Computer Associates

CRM
Customer relationship management (CRM): usaha perusahaan untuk mendapatkan dan mempertahankan konsumen dengan dukungan IT (pada umumnya).
Memperlakukan konsumen yang berbeda dengan cara berbeda

Tipe CRM
Operational CRM: aktifitas yang melibatkan pelayanan konsumen, pengelolaan pesanan,otomasi manajemen pembayaran dan pemasaran
Analytical CRM: aktifitas yang merekam, menyimpan, menyarikan, mengolah, mengartikan, dan melaporkan data konsumen ke perusahaan. user.
Collaboration CRM: berkaitan dengan semua kebutuhan komunikasi untuk berkoordinasi dan bekerja sama antara konsumen dan penjual.


Klasifikasi Aplikasi CRM
Customer-facing applications :
l Pelanggan berinteraksi dengan perusahaan: help desk, service automation
Customer-touching applications:
l Pelanggan berinteraksi dengan aplikasi perusahaan
Customer-centric intelligence applications:
l Aplikasi analisis hasil proses operasional
Online networking applications
· Jaringan online untuk membangun relasih dengan orang. Chat room dan discussion board adalah alat-alatnya.

Tool lain untuk customer service
Personalized Web pages
FAQs
E-mail and automated response
Chat rooms
Call center
Troubleshooting tools

Tidak ada komentar: